Login | Register Sunday, 17 Dec 2017  WIB

Artikel

Para Remaja Waspadai Diabetes Sejak Dini

3 November 2016 10:45
Mencegah sebelum mengobati

Sebelum terlanjur menjadi pengidap, diabetes sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan beberapa kebiasaan sederhana. Remaja bahkan bisa menyesuaikannya dengan kehidupan sehari-hari tanpa terjebak pada citra pola hidup sehat yang terdengar membosankan. Pertama, kesukaan menyantap makanan siap saji sebaiknya disiasati dengan menambahkan sayuran, seperti salad, sebagai pendamping. Bagaimanapun, tubuh tetap memerlukan asupan serat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan asupan vitamin alami. (Baca juga: "Fast Food", Jalan Tol Menuju Diabetes).

Jika tidak suka makan sayur, remaja dapat mengganti dengan jus buah. Meski kandungan gizi jus tidak setara, minuman ini bisa menjadi alternatif. Namun, ingatlah untuk memilih buah segar dan memprosesnya sendiri daripada membeli jus kemasan yang kaya akan gula. Kedua, remaja disarankan untuk lebih aktif mengikuti kegiatan di lingkungan sekitar, misalnya ekstrakulikuler di sekolah atau perkumpulan remaja lainnya. Hal ini untuk menghindari kecendrungan menghabiskan waktu dengan bermain ponsel atau menonton televisi di rumah.

Semakin banyak kegiatan, semakin banyak pula kalori dalam tubuh yang terbakar. Penggunaan energi ini mampu mencegah menumpuknya kandungan gula darah dalam tubuh. Selain itu, remaja pun bisa mengenal teman baru dan memperluas pergaulan. Apabila sudah mengikuti banyak kegiatan, jangan lupa untuk selalu menyediakan waktu istirahat cukup bagi tubuh Anda. Tidur kurang dari 8 jam per hari terbukti dapat mengurangi sensivitas insulin karena sistem metabolisme justru bekerja di saat manusia sedang terlelap.

Kekurangan sensitivitas terhadap insulin berisiko meningkatnya kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena proses pengubahan zat gula menjadi energi terhambat. Terakhir, remaja dan orangtua perlu menyadari pentingnya memeriksa kadar gula darah secara berkala. Tes kesehatan ini membantu untuk mencegah kemungkinan mengidap diabetes. Terlebih, pengecekan gula darah saat ini sudah mudah dilakukan tanpa perlu ke rumah sakit, salah satunya dengan alat tes OneTouch SelectSimple. Dengan dibantu orangtua, remaja bisa melakukan sendiri di rumah.

Cukup memasukkan test strip, tes gula darah pun dimulai begitu Anda menempelkan tetesan darah pada lembar tes. Dalam waktu lima detik, hasil tes sudah dapat dilihat. Ingat, ambang batas normal gula darah ada di angka kurang dari 100 mg/dl dan termasuk tinggi pada nilai 126 mg/dl. Sah rasanya dikatakan bahwa remaja masih memiliki waktu panjang terbentang di hadapannya. Tak lucu bila berbagai kegiatan dan prestasi yang mungkin dapat mereka raih terhalang karena risiko diabetes.




◄ Kembali ◄            ◄ Kirim Ke Teman ◄            ◄ Cetak Print ◄

 


Shopping Cart

No Items

Customer Service

Format Pesanan :
MB99 PAHIT/Pria/Wanita/Anak # jml # nama # alamat # no.telp

Telepon :
Telp : 081287781314
Pin BB : DAB5DA31
WhatsApp : 081287781314

Alamat :
Situ Gintung
Jl. Arsento No. 83 RT. 005 RW 001 Cempaka Putih
Ciputat Timur - Tangerang Selatan Banten 15412
E - Mail : sales@madupahitbima.com

Kategori

List Agen

Andoyo Purwadi - Banten - 081293546188
Jl. Dewantoro, Gang Albarkah No.4, Rt. 02 Rw. 10, Kel. Sawah, Kec. Ciputat, Tangerang Selatan

Update Pengiriman

2 December 2017 - Heriswan - Madiun
30 November 2017 - Ichsan Bayupah - Makassar
30 November 2017 - Agus Purnomo - Purbalingga
30 November 2017 - Sari Handayani - Surabaya
30 November 2017 - Nur Hasanah Sasid - Grogol
30 November 2017 - Heri Pranomo - Bogor
30 November 2017 - Aziza - Jagakarsa
30 November 2017 - Poppy - Sudirman
30 November 2017 - Saefur Yusuf - Cipanas
30 November 2017 - A. Sitorus - Nabire
Copyright © 2014 by inti media global, Madu Pahit Hitam Asli. All Rights Reserved